Pengertian Komunikasi

Secara etimologis komunikasi berasal dari bahasa Latin communicatio berasal dari communis  yang berarti sama. Jadi komunikasi berlangsung jika antara orang yang terlibat komunikasi terjadi kesamaan mengenai sesuatu yang dikomunikasikan.

Secara terminologis Onong Uchyana memberikan pengertian komunikasi sebagai proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. J. Baran dkk. memberikan pengertian  sebagai berikut; komunikasi adalah proses membagi makna (sharing of meaning).

Komunikasi adalah proses membagi ide, informasi, dan pesan dengan orang lain pada tempat dan waktu tertentu. Komunikasi termasuk juga tulisan dan perkataan  juga komunikasi nonverbal seperti ekspresi muka, bahasa badan, komunikasi visual dengan gambar atau lukisan, fotografi, video, film, serta komunikasi elektronik, seperti telephone, e-mail, televisi kabel atau siaran satelit. (M. Tata Taufik 2007)

Referensi:

Efendi, Onong Uchyana, Dinamika Komunikasi, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya 2002) Cet, V. h. 3-4

Baran J. Stanley, Jerilyn S. Mclntyre, Timothy P. Meyer, Self Symbols and Society: An Introduction To Mass Communication, (London: Addison-Wesley Publishing Company, Inc, 1984), h.19.

M. Tata Taufik, Etika Komunikasi Islam  (Bandung, Pustaka Setia 2012).

Bookmark the permalink.

Comments are closed.