Biasakan Mohon Ampunan & Rahmat Allah!

Al-Mu’minun: 118

وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ

Katakan, wahai Rasulullah, sambil berdoa dan pasrah kepada Tuhanmu, “Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan karuniakanlah aku kasih sayang-Mu, karena Engkaulah yang terbaik di antara pemberi kasih sayang. Sebab kasih sayang-Mu amat luas dan amat dekat dengan orang-orang yang berbuat baik.”

Ibnu Katsir:

Ayat ini merupakan arahan dari Allah SWT untuk senantiasa berdu’a seperti ini. Al-gafru artinya menghapus dosa dan menutupi dosa tersebut dari manusia, dan al-rahmah artinya senantiasa membimbing untuk selalu benar dan memperkenankan berlaku benar dalam perkataan dan perbuatan.

Jalalain:

Dan katakanlah: Wahai Tuhanku ampunilah aku dan rahmatilah aku, maksudnya orang-orang mu’min berada dalam rahmat Allah sebagai tambahan atas ampunan-Nya. Dan Engkau Maha Pemberi Rahmat, dan yang paling utama dalam memberi rahmat.

Al-Sa’di:

Dan katakanlah – sambal berdu’a terhadap Tuhanmu dengan ikhlas “ampunilah kami sehingga kami bisa terlepas dari hal-hal yang dimurkai, dan rahmatilah kami sehingga dengan Rahmat-Mu kami bisa mencapai segala kebaikan. Karena Engkau Maha Pemberi Rahmat (kasih sayang), karena kasih sayang dari seorang hamba jika ada, maka kasih sayang Allah lebih baik dan melebihi kasih sayang orang tua terhadap anaknya bahkan melebihi kasih saya diri seseorang terhadap dirinya sendiri.

Pelajaran:

Pertama, ayat ini merupakan perintah untuk senantiasa berdoa dengan memohon ampun dan rahmat Allah SWT, karena Rahmat Allah lebih utama dari kasih sayang siapapun.

Kedua, ayat ini juga sekaligus merupakan rumusan du’a yang pantas dikatakan oleh setiap mu’min.