Status 10 Untuk Putra-putriku: anak tangga dimulai dari satu tangga pertama,

Status 6 desember 2018

10. Untuk Putra-putriku: anak tangga dimulai dari satu tangga pertama, jangan meloncatinya walau kau bisa….

Putra-putriku, perjalanan hidup itu sangatlah panjang dan terdiri dari tahapan-tahapan yang harus dilalui, untuk mencapai hasil yang baik, tahapan-tahapan itu harus dilalui sesuai dengan urutannya.

Mencari limu juga dilalui dengan yang paling dasar sampai kepada tingkat berikutnya. Mungkin pernah dengar “istilah karbitan” artinya seseorang yang menduduki posisi tertentu dengan tidak melalui tahapan yang harus dilaluinya, diumpamakan seperti buah matang karena dikarbit, supaya cepat matang, bahkan yang masih muda sekali pun bisa tampak matang, tapi rasanya, tidak sama dengan buah yang matang karena sudah saatnya matang, cukup umur dan terpenuhi syaratnya untuk matang. Untuk itu capailah sesuatu yang kamu idamkan dengan kematangan yang pantas, jangan tergesa-gesa, jangan ingin cepat besar, jangan ingin serba instan, sesuatu yang instan itu tidak baik untuk tubuh dan kesehatan seperti makanan yang instan itu.

Berpikir ingin cepat menggapai yang diharapkan –tanpa mempertimbangkan kematangan—akan melahirkan pikiran lain, seperti mencari jalan tidak pantas, bermain culas, menghalalkan segala cara dan akan melahirkan sifat dengki terhadap orang lain. Telah banyak contoh yang dapat disaksikan dalam kehidupan orang-orang sekitar dan ternyata berakhir dengan tidak baik.