Status 12 Untuk Putra-putriku: biasakan meminta maaf

Status 7 desember 2018

12. Untuk Putra-putriku: biasakan meminta maaf atas kesalahanmu sekecil apa pun dan berterima kasih atas kebaikan yang diterima.

Memaafkan tampaknya hal sepele dan mudah, tapi sbenarnya memiliki kesulitan tersendiri karena berhubungan dengan berbagai perasaan, perasan gengsi, harga diri yang disalah arti, serta perasan lain yang bergubungan dengan masa lalu dan terima atau tidak terima perlakuan orang lain.

Al-Qur’an mengajarkan bahwa tindakan memberi maaf itu tindakan yang besar (azmil umur) yang tidak semua orang mampu melakukannya. Hanya orang-orang yan berjiwa besar yang mampu memaafkan.

Karenanya kemampuan memafakan dan memberi maaf menduduki nilai tinggi dalam kerangka budi pekerti dan akhlak muslim.

Untuk bisa menjadi pemaaf biasakanah meminta maaf dalam hal yang kecil-kecil, seperti saat merasa tingkah laku kurang sopan, saat merasa tidak mampu menolong ketika diminta pertolongan, tidak mampu memberi ketika diminta, atau hanya bisa memberi sedikit tidak sesuai harapan, mau bertanya sesuatu, biasakan meminta maaf. Kata maaf kedudukannya sama dengan perkataan yang baik, bukankah al-Qur’an menyatakan bahwa “Kata-kata yang baik dan maaf lebih utama dibanding shadaqah yang diikuti dengan kata-kata yang menyakitkan?”

Untuk itu kepada putra-putriku, pandai-pandailah meminta maaf, lebih-lebih ketika mampu untuk membalas namun tidak dilakukan dan memilih memafaafkan dari pada membalas perlakukan serupa. العفو عند المقدرة