Status 16 Untuk Putra-putriku: Perluaslah pengetahuanmu….

Status 8 Desember 2018

16. Untuk Putra-putriku: Perluaslah ilmu dan pengetahuan supaya bisa lebih bijak…

Keluasan ilmu dan pengetahuan memungkinkan kita untuk bisa menilai suatu perkara atau masalah dengan melihat dari berbagai sudut pandang, maka berbagai pertimbangan yang didasarkan pada  ilmu dan pengetahuan yang luas akan berbeda hasilnya (kesimpulannya) dengan kesimpulan yang diambil hanya berdasarkan pada satu atau dua pandangan saja.

Kalau dalam kehidupan sosial sehari-hari kenapa sering ditemukan perselisihan atau perbedaan pandangan dalam menyikapi suatu masalah, dan kadang berakhir dengan pertikaian, penyebabnya biasanya hanya karena sempitnya pandangan saja, dan akan mudah diselesaikan jika ada orang yang memiliki ilmu dapat menjelaskan duduk persoalannya dan berusaha memahamkannya dengan bahasa yang bisa diterima oleh semua pihak.

Proses mendapatkan pengetahuan bisa dilakukan dengan dua hal; pertama melalui belajar –dalam pengertian yang luas, dan kedua melalui kekuatan beribadah dan berdoa, tapi keduanya harus dilaksanakan dengan bersamaan. Melalui belajar saja tidaklah cukup, karena boleh jadi ketepatan hasil masih jauh dari harapan, dan untuk menemukan ketepatan, mohon pertolongan Allah agar menambah ilmu kepada kita itu tetap diperlukan. Dalam surat Thahaa QS.20: 114, Rasulullah SAW dianjurkan untuk berdoa; “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan. “Sedangkan dalam surat an-Nahl QS.16: 43 dan al-Anbiya QS.21: 7 diperintahkan untuk bertanya kepada ahli: “maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.” Jadi kedua seiring sejalan antara mencari pengetahuan dengan cara rasional empirik dan dengan cara metafisik.